Rasa letih sanggup timbul kapan saja. Agar tidak mengusik acara sehari-hari, ada beberapa cara menanggulangi letih yang sanggup Anda terapkan. Cara ini sanggup dimulai dengan mengonsumsi masakan bergizi sebanding sampai mengurus stres dengan baik.

Lelah merupakan keadaan dikala badan kelemahan energi, baik secara fisik maupun emosional. Penyebab hadirnya rasa letih sangatlah beragam, seumpama acara berlebihan, kurangnya waktu istirahat, stres, contoh makan kurang baik, dan pola hidup tidak sehat.

6 Cara Praktis Mengatasi Rasa Lelah - Alodokter

Rasa letih yang timbul sanggup dibilang wajar jikalau sanggup ditanggulangi dengan istirahat yang cukup dan meminimalisir acara harian. Namun, jikalau Anda merasa letih terus-menerus, hal ini sanggup menjadi tanda-tanda penyakit tertentu dan perlu mendapat investigasi serta penanganan dari dokter.

Berbagai Cara Mengatasi Rasa Lelah

Ada beberapa cara menanggulangi letih yang sanggup Anda lakukan, di antaranya:

1. Mengonsumsi masakan bergizi

Makanan merupakan sumber energi utama bagi tubuh. Namun, rasa letih tidak cuma sanggup ditanggulangi dengan mengonsumsi masakan yang mengenyangkan. Anda perlu mengonsumsi masakan bergizi sebanding yang mengandung banyak sekali nutrisi, seumpama protein, karbohidrat kompleks, lemak, serta vitamin dan mineral.

Beberapa jenis masakan bergizi dan baik untuk memberi energi bagi badan adalah:

  • Kacang-kacangan, tergolong kacang almond, kacang tanah, dan kacang mete
  • Biji-bijian, misalnya biji bunga matahari dan beras merah
  • Buah, seumpama jeruk, pisang, mangga, dan kurma
  • Sayuran, seumpama brokoli, ubi, kentang, dan bayam
  • Susu dan olahannya, seumpama keju dan yoghurt
  • Telur, ikan, dan daging tanpa lemak atau kulit

Agar merasa lebih berenergi sekaligus memadai keperluan nutrisi, Anda semestinya mencegah konsumsi junk food dan masakan olahan, seumpama masakan kaleng dan masakan beku.

2. Membatasi konsumsi kafein dan minuman beralkohol

Kafein memang sanggup menghasilkan Anda tersadar dan lebih bersemangat, tetapi efeknya hanyalah bersifat sementara. Saat imbas kafein hilang, Anda mungkin sanggup merasa lebih lelah. Efek ini disebut juga caffeine crash.

Selain itu, konsumsi kafein berlebihan atau terlalu sering juga sanggup memicu tanda-tanda putus kafein (caffeine withdrawal). Kondisi ini sanggup menghasilkan Anda merasa sulit tidur, sulit konsentrasi, cemas, dan kurang bertenaga atau cepat lelah.

Terlalu sering konsumsi minuman beralkohol juga sanggup mengusik kinerja otak dan fungsi hati serta memicu gangguan tidur. Meski sanggup menghasilkan Anda lebih singkat terlelap, imbas alkohol justru sanggup menghasilkan Anda pusing, sakit kepala, dan kurang bertenaga pada keesokan harinya.

Jika belum sanggup menghentikan konsumsi kafein dan minuman beralkohol, Anda sanggup menguranginya secara perlahan.

3. Mencukupi keperluan cairan tubuh

Kekurangan cairan badan atau kehilangan cairan tubuh sanggup menghasilkan Anda merasa letih dan tidak bersemangat. Oleh alasannya itu, penting untuk memadai cairan badan dengan minum air putih sekitar 8 gelas sehari. Jika jenuh dengan air putih, Anda sanggup mengonsumsi minuman lain, seumpama jus buah segar, teh, atau infused water.

4. Mengelola stres dengan baik

Stres sanggup menyedot energi sehingga memicu Anda merasa letih secara fisik maupun mental. Tak cuma menghasilkan Anda kurang berenergi, stres berlebihan juga sanggup memicu sulit tidur dan melemahnya daya tahan tubuh.

Apabila stres dikontrol dengan baik, rasa letih pun sanggup teratasi. Salah satu cara mengurus stres merupakan dengan melakukan relaksasi, seumpama yoga dan meditasi. Tak cuma meminimalisir stres, relaksasi juga akan menghasilkan Anda lebih tenang.

Selain itu, Anda sanggup melakukan kegemaran atau hal yang Anda senangi untuk meminimalisir stres, misalnya menonton film atau bermain musik.

5. Berolahraga secara rutin

Rutin berolahraga sanggup mengembangkan metabolisme, memperbaiki situasi hati, dan menghasilkan tidur lebih nyenyak di malam hari. Hal ini pastinya akan menghasilkan badan lebih segar dan tidak gampang merasa lelah.

Anda sanggup memulainya dengan melakukan olahraga ringan seumpama berlangsung kaki selama 15 menit. Lakukan secara berkala dan optimalkan durasinya secara sedikit demi sedikit sampai 2,5 jam per minggu.

6. Mencukupi waktu tidur

Tidur merupakan salah satu cara untuk mengisi kembali energi sehabis sepanjang hari beraktivitas. Oleh alasannya itu, penting untuk memadai keperluan tidur setidaknya 8 jam setiap malam biar Anda tidak gampang merasa lelah. Usahakan juga untuk tidur dan berdiri di waktu yang serupa setiap harinya.

Jika Anda merasa letih di siang hari, cobalah untuk tidur siang selama 20–30 menit. Hal ini sanggup menghasilkan Anda merasa segar dan bertenaga, sehingga sanggup menolong mengembangkan produktivitas harian Anda.

Selain alasannya kurang tidur, rasa letih juga sanggup dipicu oleh imbas samping obat-obatan tertentu, seumpama antihistamin, diuretik, kemoterapi, dan obat penurun tekanan darah. Rasa letih yang menetap dan tidak kunjung membaik bahkan sanggup menjadi menunjukan adanya penyakit tertentu, seumpama anemia dan penyakit tiroid.

Rasa letih yang timbul alasannya kurang istirahat lazimnya sanggup mereda dengan banyak sekali cara menanggulangi letih di atas. Namun, jikalau banyak sekali cara tersebut tidak sukses menanggulangi unek-unek letih yang Anda rasakan atau rasa letih terjadi terus-menerus, semestinya secepatnya periksakan diri ke dokter.