Rambut kering bisa terjadi bila kulit kepala tidak memproduksi cukup minyak untuk melembapkan rambut atau bila lapisan pelindung rambut (kutikula) mengalami kerusakan. Dengan menghindari beragam penyebabnya dan melakukan perawatan rambut yang benar, rambut kering bisa diatasi.

Masalah rambut kering umumnya ditandai dengan keluhan berupa rambut terlihat rusak, kusam, tidak berkilau, mudah kusut atau sulit diatur, dan mudah patah sehingga sering kali terlihat seperti rambut rontok saat disisir.

Rambut Kering, Ini Penyebab dan Cara Merawatnya - Alodokter

Berbagai Penyebab Rambut Kering

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan rambut menjadi kering, antara lain:

1. Usia

Walau bisa dialami oleh semua orang dari segala usia, risiko terjadinya rambut kering akan semakin meningkat seiring bertambahnya usia.

Pasalnya, semakin bertambahnya usia, produksi alami minyak rambut juga akan semakin berkurang, sehingga rambut menjadi kering. Selain itu, pada wanita, perubahan hormon pasca menopause juga bisa menyebabkan rambut menjadi kering.

Ketika proses penuaan terjadi, rambut tidak hanya akan menjadi lebih kering, tetapi juga mudah patah, rapuh, dan berubah warna menjadi putih atau beruban.

2. Kondisi lingkungan

Kondisi lingkungan juga merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan rambut kering. Seseorang bisa mengalami rambut kering jika sering berada di tempat yang kering dan bersuhu panas.

Selain itu, rambut kering juga bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari yang berlebihan atau terlalu sering, serta kebiasaan berenang di kolam yang mengandung klorin atau di laut.

3. Perawatan rambut

Perawatan rambut tidak selalu membuat rambut menjadi sehat, karena terkadang perawatan rambut yang tidak tepat juga bisa menyebabkan rambut menjadi kering, misalnya:

  • Mencuci rambut terlalu sering
  • Menggunakan sampo, kondisioner, atau produk penataan rambut yang berbahan kimia keras
  • Mewarnai rambut
  • Menggunakan hairdryer, pelurus rambut, atau pengeriting rambut yang terlalu sering

4. Kondisi kesehatan

Kondisi kesehatan yang buruk atau penyakit tertentu juga bisa menyebabkan rambut tidak mampu mempertahankan kelembapan alaminya, sehingga rambut menjadi kering.

Berikut adalah beberapa penyakit atau kondisi medis yang bisa menyebabkan rambut kering:

  • Gangguan makan, misalnya anoreksia nervosa
  • Kekurangan gizi atau malnutrisi
  • Anemia
  • Gangguan hormonal, seperti hipoparatiroidisme dan hipotiroidisme
  • Sindrom Menkes, yakni kondisi genetik langka ketika tubuh tidak bisa menyerap cukup tembaga sehingga memengaruhi kesehatan rambut

Cara Merawat Rambut Kering

Umumnya rambut kering bisa ditangani dengan mengubah cara Anda merawat rambut. Di bawah ini adalah serangkaian perawatan rambut kering yang bisa Anda coba, agar rambut bisa menjadi lebih lembap dan sehat:

Hindari kebiasaan mencuci rambut terlalu sering

Untuk memperbaiki rambut kering, Anda disarankan untuk mencuci rambut cukup 2 hari sekali atau setiap kali rambut terasa berminyak dan lepek. Saat mencuci rambut, gunakanlah sampo dan kondisioner yang dapat melembapkan rambut. Produk tersebut umumnya sudah dibuat khusus untuk rambut kering.

Pakai masker rambut

Untuk menutrisi rambut dan kulit kepala, Anda bisa gunakan masker rambut dengan bahan-bahan alami, seperti minyak zaitun, lidah buaya, atau minyak kelapa. Bahan-bahan ini bisa membuat rambut menjadi lebih lembut dan melembapkan rambut yang kering.

Jangan sering terpapar panas

Hindari terlalu sering melakukan penataan rambut yang menggunakan suhu panas, misalnya dengan pengering, pengeriting, atau pelurus rambut.

Saat mandi, sebaiknya hindari juga pemakaian air panas yang terlalu sering. Setelah keramas, Anda cukup mengeringkan rambut dengan handuk secara pelan dan lembut, agar kelembapan rambut tetap terjaga.

Lindungi rambut dari sinar matahari

Untuk mencegah terjadinya rambut kering, sebaiknya hindari kebiasaan berjemur terlalu lama di bawah terik matahari. Apabila harus melakukan aktivitas di bawah sinar UV, biasakan untuk mengenakan pelindung rambut, seperti topi atau payung.

Hindari pemakaian produk rambut yang berbahan kimia keras

Rambut juga bisa kering karena terlalu sering terpapar bahan kimia keras, seperti alkohol, pewangi, atau pewarna. Oleh karena itu, Anda perlu cermat dalam memiliki produk perawatan rambut. Hindarilah produk rambut yang mengandung isopropyl alcohol, propyl alcohol, propanol atau SD alcohol 40.

Selain itu, Anda bisa memperbaiki rambut kering dengan rutin memotong rambut. Hal ini juga bisa mencegah rambut jadi bercabang.

Itulah serangkaian penyebab rambut kering dan cara merawatnya. Untuk memperbaiki rambut kering, Anda juga harus menerapkan pola makan sehat guna menutrisi rambut dari dalam dan mencegah terjadinya kondisi yang bisa menyebabkan rambut menjadi kering, misalnya anemia.

Bila kondisi rambut kering tidak juga membaik meski telah melakukan cara-cara di atas atau muncul keluhan lain, seperti rambut rontok, kebotakan, atau tubuh cepat lelah, sebaiknya konsultasikan ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.