Saat berhenti merokok, penambahan berat tubuh badan ialah salah satu hal yang kerap dikeluhkan. Padahal, jikalau ditangani dengan cara yang tepat, upaya Anda untuk berhenti merokok tidak terlampau kokoh kepada peningkatan berat badan.

Kebiasaan merokok terbukti sanggup menampilkan efek buruk bagi kesehatan. Oleh lantaran itu, telah selayaknya Anda menjauhi rokok. Namun, jikalau telah kadung menjadi perokok, tidak ada kata telat untuk menghentikan kebiasaan tidak sehat tersebut.

Tips Berhenti Merokok Tanpa Takut Berat Badan Bertambah - Alodokter

Dengan berhenti merokok, Anda sanggup mendapat aneka macam manfaat, mulai dari terhindar dari serangan jantung dan kanker, stamina dan tampilan seks lebih baik, sampai meningkatnya kesuburan.

Sayangnya, menghentikan kebiasaan merokok bukanlah hal yang gampang dilakukan. Selain lantaran imbas kecanduan nikotin dari rokok, berhenti merokok juga disebut sanggup menghasilkan berat tubuh lebih gampang naik.

Alasan Merokok Mencegah Berat Badan Naik

Nikotin pada rokok sanggup mengembangkan proses pembakaran kalori dan metabolisme di dalam tubuh sekaligus menekan dan meminimalisir nafsu makan. Hal inilah yang menghasilkan rokok kerap menjadi salah satu cara untuk mempertahankan berat tubuh tetap ideal bagi sebagian orang.

Sayangnya, cara ini tidak sehat lantaran sanggup membuat banyak imbas samping lainnya. Ketika menghirup asap rokok, denyut jantung Anda akan meningkat sampai 10–20 kali dalam 1 menit.

Efek ini sanggup menghasilkan kinerja jantung meningkat. Lama-kelamaan kebiasaan merokok pun terbukti sanggup mengembangkan risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, menyerupai penyakit jantung dan stroke.

Selain itu, merokok juga sanggup mengembangkan asam lambung, sehingga Anda sanggup lebih rentan terkena maag atau gastritis akhir sering merokok.

Saat berhenti merokok, metabolisme tubuh akan kembali normal. Hal ini memang sanggup menghasilkan berat tubuh bertambah, tapi imbas ini cuma terjadi sementara waktu.

Lagi pula, pergantian ini bahwasanya yakni hal yang menyehatkan lantaran tubuh tidak lagi dipaksa melakukan pekerjaan secara berlebihan lantaran metabolisme yang meningkat akhir rokok.

Cara biar Lebih Praktis Berhenti Merokok

Orang yang berhenti merokok tidak cuma menghadapi permasalahan kecanduan nikotin, tapi juga pergantian dalam sensasi rasa atau mengecap sesuatu di dalam mulut. Saat berhenti merokok, nafsu makan pun akan meningkat sehingga berat tubuh sanggup lebih singkat naik.

Selain itu, ada juga teori yang menyebutkan bahwa proses berhenti merokok menghasilkan indra lidah menjadi lebih sensitif dan sanggup kembali melakukan pekerjaan menyerupai sedia kala, sehingga menghasilkan orang yang berhenti merokok menjadi lebih banyak makan.

Beberapa hal tersebut mungkin sanggup menjadi argumentasi mengapa orang yang berhenti merokok akan lebih gampang mengalami peningkatan berat badan.

Agar kerja keras Anda untuk berhenti merokok tetap berjalan, ada penyelesaian lain yang lebih sehat, seperti:

  • Mengunyah permen karet
  • Menggosok gigi lebih sering
  • Mengalihkan perhatian dan menahan diri untuk tidak merokok dengan melaksanakan aktivitas lain, umpamanya membaca, menonton film, bermain game, melaksanakan meditasi, atau berolahraga
  • Menghindari berkumpul dengan sesama perokok

Mencegah Naiknya Berat Badan Akibat Berhenti Merokok

Pertambahan berat tubuh sehabis berhenti merokok sanggup dituntaskan dengan olahraga berkala dan teladan makan yang sehat. Agar Anda sanggup berhenti merokok sekaligus mempertahankan berat tubuh tetap ideal, cobalah ikuti beberapa kiat berikut ini:

1. Jalani teladan makan sehat

Berhenti merokok ialah hal yang berat, utamanya bagi orang yang telah usang merokok. Agar berat tubuh tidak naik, cobalah untuk memperbaiki teladan makan di saat mulai berhenti merokok.

Sebagai langkah awal, cobalah konsumsi masakan bernutrisi, menyerupai buah dan sayuran segar, serta hindari masakan tinggi garam dan lemak.

2. Olahraga secara teratur

Olahraga sanggup membakar kalori sehingga menangkal pertambahan berat tubuh sekaligus menghasilkan keinginan untuk merokok menjadi berkurang.

Olahraga juga sanggup mengendorkan gejala putus nikotin yang kerap muncul pada masa permulaan Anda berhenti merokok. Namun, imbas ini gres sanggup diperoleh jikalau Anda menjalani tata cara terapi lain untuk berhenti merokok, umpamanya psikoterapi.

Untuk mendapat faedah olahraga secara maksimal, cobalah untuk berkala berolahraga selama 30 menit sehari atau minimal 3 kali seminggu. Anda sanggup menegaskan berenang, berlangsung kaki, bersepeda, atau jenis olahraga lain yang Anda sukai.

3. Selalu berpikir positif

Penting untuk Anda pahami bahwa pertambahan berat tubuh masuk akal terjadi sehabis berhenti merokok, tapi imbas ini hanyalah sementara. Oleh lantaran itu, senantiasa berpikir positif dan ingat motivasi utama Anda berhenti merokok, yakni mendapatkan tubuh lebih sehat dan terhindar dari aneka macam penyakit akhir rokok.

Naiknya berat tubuh secara signifikan memang kerap menghantui beberapa orang yang sedang berupaya berhenti merokok. Oleh lantaran itu, memang dikehendaki upaya dan kontrak tambahan untuk melakukannya dengan tepat.

Jika masih merasa kesusahan untuk berhenti merokok, Anda sanggup berkonsultasi dengan dokter. Dokter mungkin akan menyarankan beberapa cara atau kiat biar upaya Anda untuk berhenti merokok berhasil.